Sejarah Desa

http://tanjungwangi-lampungtimur.desa.id/file/logo/lamtim.png

      Awal Desa Tanjung Wangi adalahmerupakan bagian dari areal kawasan Register 45 Gedung Wani (Hutan Industri) dan pada awal tahun 1970, terjadi pembukaan lahan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat yang berasal dari Metro dan Tanjung Bintang Lampung Selatan, lelompok masyarakat tersebut dipimpin oleh Bapak Sumarno (Alm) yang terdiri dari kurang lebih 10 KK.

      Dikarenakan tempat tersebut merupakan tempat yang baik untuk para pembuka lahan (dataran rendah) maka dalam waktu 3 (tiga) tahun areal tersebut sudah menjadi perkampungan penduduk dengan jumlah penduduk 70 KK dan 234 jiwa. Dan pada tahun 1973 resmilah perkampungan tersebut menjadi sebuah Kampung dengan Nama Tanjung Wangi yang kemudian secara administrasi Pemerintahan menggabung dengan Desa Peniangan Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Tengah ( Lampung Timur sekarang). Kemudian pada tahun 1977 resmi menjadi Desa Persiapan dan kemudian tahun 1987 resmi menjadi Desa Definitif dengan Jabung sebagai Kecamatan dan Lampung Tengah sebagai Kabupatenya.

     Mengingat Desa Tanjung Wangi merupakan salah satu Desa dari 6 (enam) Desa yang berada di seberang Way Sekampung maka pada tahun 1988 etrjadi pemecahan Kecamatan yang Kecamatannya Pembantu Waway Karya (di Desa Sumber Rejo) dan tahun 2000 resmi menjadi Kecaamatan Definitif yang membawahi 11 (sebelas) Desa.

     Mengingat status tanah Desa Tanjung Wangi dan Desa lain yang berada di Kecamtan Waway Karya masih merupakan kawasan Register 45 Htan Produksi Gedung Wani maka usulan dari beberapa Kepala Desa dan sejumlah tokoh masyarakat, maka diajukanlah Permohonan Konversi Tanah tersebut ke Kementerian Kehutanan RI melalui Dinas Kehutanan Provinsi Lampung sehingga pada tahun 2002 resmilah kawasan tersebut menjadi Kawasan Konversi dengan dengan dilanjutkan proses Ajudikasi Pertanahan sampai sekarang.

 

Dikutip dari :   Buku Prodes 2010

Dengan Nara Sumber :  Mbah Dasrip (Alm) dan Ibu Asniati (Alm)

 

 

   

Download Profil Lengkap